Permata Yulianti – 125120500111011

Nama : PERMATA YULIANTI
NIM : 125120500111011
Kelas : A.POL.1 (pengantar ilmu politik)
TUGAS 1

WHAT IS POLITICS ?
Politik adalah seni dan ilmu untuk meraih kekuasaan secara konstitusional maupun nonkonstitusional .
Definisi para tokoh tentang ilmu politik
Filsuf seperti Plato dan Aristoteles : politics sebagai suatu usaha untuk mencapai masyarakat politik (polity) yang terbaik .
Harold Lasswell : Politik adalah kegiatan masyarakat yang berkisar pada masalah-masalah “siapa memperoleh apa, kapan dan bagaimana” (who gets what, when and how).

Teori politik merupakan kajian mengenai konsep penentuan tujuan politik, bagaimana mencapai tujuan tersebut serta segala konsekuensinya.Teori politik adalah generalisasi dari phenomena-phenomena politik. Teori politik ini terdiri dari :
– Tujuan politik
– Cara mencapai tujuan politik tersebut
– Kemungkinan dan kebutuhan untuk cara tersebut
– Kewajiban dalam mencapai kebutuhan tersebut
Konsep Ilmu Politik
Ilmu politik memiliki beberapa konsep. Konsep-konsep ini merupakan hal-hal yang ingin dicapai dalam politik. Ada lima konsep pokok dalam ilmu politik, yaitu:
1. Negara (state) : menurut Miriam Budiarjo Negara adalah suatu organisasi dalam suatu wilayah yang mempunyai kekuasaan tertinggi yang sah dan yang ditaati moleh rakyatnya. Menurut Thomas Aquinas : Negara merupakan lembaga sosial manusia yang paling tinggi dan luas yang berfungsi menjamin manusia memenuhi kebutuhan-kebutuhan fisiknya yang melampaui kemampuan lingkungan sosial lebih kecil seperti desa dan kota.
2. Kekuasaan (power) : menurut Miriam Budiarjo kekuasan adalah kemampuan seseorang atau kelompok untuk mempengaruhi tingkah laku orang atau kelompok lain sesuai dengan keinginan dari pelaku.

3. Pengambilan Keputusan (decision making) : menurut Miriam Budiarjo keputusan adalah membuat pilihan diantara beberapa alternatif, sedangkan istilah pengambilan keputusan menunjukkan pada proses yang terjadi sampai keputusan itu tercapai. Pengambilan keputusan sebagai konsep pokok dari politik menyangkut keputusan-keputusan yang diambil secara kolektif dan yang mengikat seluruh masyarakat.
4. Kebijakan (policy) : menurut Miriam Budiarjo kebijakan adalah suatu kumpulan keputusan yang diambil oleh seorang pelaku atau oleh kelompok politik dalam usaha memilih tujuan-tujuan dan cara-cara untuk mencapai tujuan-tujuan itu. Pada prinsipnya pihak yang membuat kebijakan itu mempunyai kekuasaan untuk melaksanakannya.
5. Pembagian (distribution) : yang dimaksud dengan pembagian adalah pembagian dan penjatahan niali-nilai dalam masyarakat.
FENOMENA POLITIK INDONESIA

PILKADA , SOLO-JAKARTA MEMANAS
Situasi politik Indonesia saat ini sedang memanas pada beberapa daerah yang sedang melaksanakan PILKADA , khususnya dearah Solo dan Jakarta .Penyebab utama yaitu karna adanya gangguan dari kegiatan teror dari orang-orang yang berpikiran radikal yang disebut Teroris . Beberapa bulan sebelumnya ada isu sara yang berkembang terkait PILKADA DKI putaran 1 . Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Untung S Rajab menjamin Pilkada DKI putaran kedua Jakarta tetap aman terkendali. Pasangan cagub cawagub DKI Jakarta, Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli dan Joko Widodo-Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) telah mendatangi Polda Metro Jaya . Kedatangan mereka untuk memenuhi undangan silaturahmi bersama Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Untung S Rajab. Acara tersebut digelar dalam rangka menciptakan suasana yang damai jelang Pilgub DKI Jakarta putaran kedua yang akan digelar 20 September mendatang.

Categories: Tak Berkategori | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: