kelompok kapitalisme

 

TUGAS

PENGANTAR ILMU POLITIK

 

 

Ideologi Kapitalisme

Nama Kelompok          :

1.Destia

2.Diyah Nur S

3.Febi

4.Kiftia

5.Rufa Hidayat

Pengertian ideologi secara umum

Kata ideologi diciptakan oleh Destutt de Tracy pada akhir abad ke-18 untuk mendefinisikan “sains tentang ide“. Ideologi berasal dari bahasa yunani ”idea” yang berarti gagasan, ide, atau cita-cita dan ”logos” yang berarti ilmu atau pengetahuan. Menurut wikipedia Ideologi adalah kumpulan ide atau gagasan atau aqidah aqliyyah ( akidah yang sampai melalui proses berfikir ) yang melahirkan aturan – aturan dalam kehidupan. Jadi dapat disimpulkan bahwa ideologi adlah konsep bersistem yang dijadikan landasan pendapat yang memberikan arah dan tujuan hidup, paham teori, dan tujuan yang dimiliki seseorang.

Ideologi Kapitalis

>>> Pengertian

Kapitalisme adalah suatu ideologi yang mengagungkan capital milik perorangan atau milik sekelompok kecil masyarakat sebagai alat penggerak kesejahteraan manusia. Bapak ideologi kapitalisme adalah Adam Smith dengan teorinya the wealth of nation yaitu kemakmuran bangsa-bagsa akan tercapai melalui ekonomi persaingan bebas, artinya ekonomi bebas tanpa campur tangan Negara.

>>> Sejarah

Kapitalisme merupakan suatu ideologi yang muncul dan berkembang pertama kali di Eropa pada abad 16 sampai 19. Ideology ini lahir karena adanya kompromi antara kaum gerejawan dan cendikiawan yang disebut dengan sekularisme ( pemisah antara agama dan kehidupan). Sekularisme merupakan asas berfikir dan standar prilaku dalam ideologi kapitalis. Disebut ideologi kapitalis karena sistem ekonomi kapitalis dengan “kebebasan dalam kepemilikan” merupakan aspek paling menonjol dalam ideologi ini. Jadi sudah pasti ideology kapitalis dalm rentang zaman akan mengalami perubahan-perubahan karena ia merupakan ideologi hasil kompromi termasuk dalam hal sistem ekonominya. Atas landasan berfikir inilah mereka berpendapat bahwa manusia sendirilah yang berhak membuat peraturan hidupnya dimana mereka laung-laungkan kebebasan manusia. Kebebasan menjadi empat tunggak yaitu :

a). Kebebasan beraqidah

b). Kebebasan berpendapat atau bersuara

c). Kebebasan tingkah laku

d). Kebebasan hak milik

>>> Perkembangannya

Khusus di wilayah Amerika memang mempunyai keunggulan internasional di bidang ekonomi dan menguasai komoditas-komoditas produk yang terpenting terutama peralatan militer serta memonopoli bebrapa komoditas starategis seperti komputer dan informasi. Faktor-faktor tersebut membuat amerika menjadi satu-satunya Negara yang mampu melestarikan ideologi kapitalisme yang tidak dipengaruhi oleh ide-ide sosialisme, baik yang lama maupun yang baru. Inilah yang membuat sebagian besar Negara-negara di dunia merasa bahwa sistem ekonomi Amerika merupakan bentuk ideal yang wajib dijadikan teladan, sehingga pantaslah Amerika disebut sebagai bapak kapitalisme.

Adapun dampak Kapitalisme :

a). Negara menjagga kepentingan individu-individu dalam arti Negara menjamin kebebasan seluas-luasnya individu dari individu lain untuk berusaha dalam bidang ekonomi. Tetapi jika ada gangguan berlaku ataupun perampasan hak,namun ia tidak melaporkan kepada Negara atau penguatkuasa polis maka Negara tidak campur tangan

b). Pengeksploitasian tenaga kerja bagi masyarakat tingkat pendidikan yang rendah upah kerja minim sehingga pengusaha mendapat keuntungan sebesar-besarnya

c). Dalam sistem perekonomian kapitalis alat-alat produksi menjadi milik pribadi kaum kapitalis dan kaum pemilik tanah, dengan demikian hasil kerja juga dikuasai oleh kaum kapitalis dan kaum pemilik tanah.

d). Produksi kapitalis mengandung tujuan, menjamin keuntungan-keuntungan maksimal bagi kaum kapitalis dengan melakukan pemerasan, penghisapan perhadap kaum pekerja.

e). Produksi kaum kapitalis berkembang secara anarkis, perkembangan produksi terbentur kepada lapisan rakyat tertindas dan kepada keturunannya daya beli kaum pekerja yang konsumsinya ditekan serendah-rendahnya oleh kaum kapitalis yang akibatnya tentu menimbulkan krisis terlalu banyak produksi, pengangguran terus bertambah dan pemelaratan sebagian besar dari pada rakyat.

f). Dalam kapitalisme pendapatan rakyat digunakan memperkaya kaum pemeras dan kaum penghisap serta pengikut-pengikutnya yang hidup sebagai benalu.

KESIMPULAN

Kapitalisme adalah sistem perekonomian yang menekankan peran kapital (modal), yakni kekayaan dalam segala jenisnya, termasuk barang-barang yang digunakan dalam produksi barang lainnya (Bagus, 1996). Ebenstein (1990) menyebut kapitalisme sebagai sistem sosial yang menyeluruh, lebih dari sekedar sistem perekonomian. Ia mengaitkan perkembangan kapitalisme sebagai bagian dari gerakan individualisme. Sedangkan Hayek (1978) memandang kapitalisme sebagai perwujudan liberalisme dalam ekonomi.

Menurut Ayn Rand (1970), kapitalisme adalah “a social system based on the recognition of individual rights, including property rights, in which all property is privately owned”. (Suatu sistem sosial yang berbasiskan pada pengakuan atas hak-hak individu, termasuk hak milik di mana semua pemilikan adalah milik privat).

Heilbroner (1991) secara dinamis menyebut kapitalisme sebagai formasi sosial yang memiliki hakekat tertentu dan logika yang historis-unik. Logika formasi sosial yang dimaksud mengacu pada gerakan-gerakan dan perubahan-perubahan dalam proses-proses kehidupan dan konfigurasi-konfigurasi kelembagaan dari suatu masyarakat. Istilah “formasi sosial” yang diperkenalkan oleh Karl Marx ini juga dipakai oleh Jurgen Habermas. Dalam Legitimation Crisis (1988), Habermas menyebut kapitalisme sebagai salah satu empat formasi sosial (primitif, tradisional, kapitalisme, post-kapitalisme).

 

Categories: Tak Berkategori | 1 Komentar

Navigasi pos

One thought on “kelompok kapitalisme

  1. Ping-balik: TUGAS 3 (Tugas Kelompok : Ideologi) « The First Political Class

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: