Destya Nimas Arum – 125120506111001

TUGAS 1 DAN 2

Nama : Destya Nimas Arum Sari

NIM    : 125120506111001

 

tugas 1

kesimpulan

ilmu politik itu adalah sesuatu hal yang mempelajari manusia dan kekuasaan nya terhadap suatu negara. Keadilan politik dalam negara Tuhan karena ditopang oleh adanya nilai

kepercayaan dan keyakinan tentang:Tuhan menjadi raja sebagai dasar negara,Keadilan diletakkan sebagai dasar negaraKehidupan warga negara penuh kepatuhan.

 

fenomena politik yang pernah ada di indonesia salah satunya adalah seorang artis mencalonkn diri sebagai calon gubernur di suatu daerah. dia memanfaatkan kepopuleran nya untuk menarik simpati dari masyarakat.

 

 teori plato: filsafat politik tentang keberadaan manusia di dunia terdiri dari tiga bagian yaitu Pikiran atau akal,Semangat/keberanian,Nafsu/keinginan berkuasa.

 

 teori aristoteles: Teori politik yang bernuansa filsafat politik yang meliputi Filsafat teoritis,Filsafat praktek,Filsafat produktif

 

teori agustinus : negara sekuler dan negara tuhan

 

            teori marthen luther: Kekuasaan Tuhan atas manusia bersifat langsung dan tidak melalui          perantara. Pada sisi lain dikatakan gereja yang sejati yaitu gereja yang didirikan manusia.

 

teori montesquine: landasan pembangunan teori demokrasi dalam sistem politik yang menekankan adanya CHEK AND BALANCE terhadap mekanisme pembangian kekuasaan.

 

teori thomas aquinas :

Dalam negara diperlukan adanya hukum abadi yang berakar dari jiwa Tuhan yang mengatur alam semesta dan hukum alam manusia untuk merasionalkan manusia mentaati hukum. Hukum positif yang merupakan pelaksanaan hukum alam dan untuk menyempurnakan pikiran manusia maka diperlukan Hukum Tuhan.
 
teori thomas hobes: State Of Nature yakni manusia yang satu menjadi lawan terhadap manusia lain. Keadaan ini disebut In Abstracto yang memiliki sifat; a) bersaing, b) membela diri, c) ingin dihormati

teori ibnu khaldun :  Setiap warga negara perlu memiliki Askabiyah untuk menumbuhkan kesatuan dalam negara. Untuk itu dikembangkan teori politik askabiyah dan rasa keagamaan oleh pemimpin negara.

 

tugas 2

Negara adalah alat ( kekuasaan agency) dari masyarakat yang mempunyai kekuasaan untuk mengatur hubungan-hubungan manusia dalam masyarakat dan menertibkan gejala-gejala kekuasaan dalam masyarakat.

Roger H. Soltau: “Negara adalah agen (agency) atau kewewenangan (authority) yang mengatur atau mengendalikan persoalan-persoalan bersama atas nama masyarakat.”

Max Weber: “Negara adalah suatu masyarakat yang mempunyai monopoli dalam penggunaan kekerasan fisik secara sah dalam sesuatu wilayah.”

 

teori-teori pembentukan negara ada 4 yaitu teori ketuhanan, teori kekuasaan, teori perjanjian masyarakat, dan teori hukum alam.

asal mula terjadinya negara adalah kareana adanya pendudukan,peleburan,penyerahan,penaikan, dan pengumuman

KESIMPULAN :

Negara adalah suatu wilayah teritorial yang dikuasai oleh masyarakat terntu untuk mengatur seluruh kegiatan kegiatan yang berhbungan dengan masyarakatnya. Negara terbentuk karena adanya berbagai teori seperti teori ketuhanan,teori kekuasaan,teori perjanjian masyarakat dan teori hukum alam. Negara memiliki sifat memaksa,monopoli dan sifat mncakup semua.

ilmu politik ada sejak orang dapat hidup bersama.Sejak itu para pemikir politik mulai membahas masalah-masalah yang menyangkut batasan penerapan kekuasaan, hubungan antara yang memerintah serta yang diperintah, serta sistem apa yang paling baik menjamin adanya pemenuhan kebutuhan tentang pengaturan dan pengawasan. lalu orang yunani mengawalinya. Sejak itu para pemikir politik mulai membahas masalah-masalah yang menyangkut batasan penerapan kekuasaan, hubungan antara yang memerintah serta yang diperintah, serta sistem apa yang paling baik menjamin adanya pemenuhan kebutuhan tentang pengaturan dan pengawasan. ilmu politik diawali pada jaman yunani kuno pada abad 19. lalu berkembang di amerika dengan didirikannya American Political Science Association pada 1904. pada PD 1 dan 2 ilmu poltik berkembang secara cepat hingga ke negara negara eropa. Perkembangan ilmu politik juga disebabkan oleh dorongan kuat beberapa badan internasional, seperti UNESCO. Karena adanya perbedaan dalam metodologi dan terminologi dalam ilmu politik, maka UNESCO pada tahun1948 melakukan survei mengenai ilmu politik di kira-kira 30 negara. Kemudian, proyek ini dibahas beberapa ahli di Prancis, dan menghasilkan buku Contemporary Political Science pada tahun 1948. di indonesia ilmu politik sudah ada sekitar abad 13 masehi dengan bukti beberapa karya tulis tentang kenegaraan, misalnya Negarakertagama dan Babad Tanah Jawi.

definisi ilmu politik menurut beberapa ahli :
 LITRE
Politik didefinisikan sebagai ilmu memerintah dan mengatur negara
SEELY – STEPHEN LEACOCK
lmu politik merupakan ilmu yang serasi dalam menangani pemerintahan

aliran pemikiran ilmu politik di indonesia ada 5 yaitu kumunisme,sosialisme demokrat,islam,nasionalisme radikal dan tradisional jawa

kesimpulan :

Ilmu politik adalah ilmu yang memelajari tentang bagaimana cara berkuasa dan mengendalikan kekuasaan dengan tujuan untuk mengatur suatu negara yang berkaitan dengan masalah ekonomi ,kemasyrkatan,sumber daya,distribusi dan lain lain.

 

 

 

Categories: Tak Berkategori | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: