Alvian Dwiguntara Putra – 125120502111001

Pengantar Ilmu Politik

 TUGAS 1

 

Alvian Dwiguntara Putra

125120502111001

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Brawijaya

Malang

2012

Definisi Politik Menurut Para Ahli

Politik sangat erat kaitannya dengan masalah kekuasaan, pengambilan keputusan, kebijakan publik dan alokasi atau distribusi. Pemikiran mengenai politik di dunia barat banyak dipengaruhi oleh Filsuf Yunani Kuno seperti Plato dan Aristoteles yang beranggapan bahwa politik sebagai suatu usaha untuk mencapai masyarakat yang terbaik. Usaha untuk mencapai masyarakat yang terbaik ini menyangkut bermacam macam kegiatan yang diantaranya terdiri dari proses penentuan tujuan dari sistem serta cara-cara melaksanakan tujuan itu.

Berikut ini adalah pengertian dan definisi politik menurut beberapa ahli:

# ROD HAGUE
Politik adalah kegiatan yang menyangkut cara bagaimana kelompok-kelompok mencapai keputusan-keputusan yang bersifat kolektif dan mengikat melalui usaha untuk mendamaikan perbedaan-perbedaan diantara anggota-anggotanya

# ANDREW HEYWOOD
Politik adalah kegiatan suatu bangsa yang bertujuan untuk membuat, mempertahankan, dan mengamandemen peraturan-peraturan umum yang mengatur kehidupannya, yang berarti tidak dapat terlepas dari gejala komflik dan kerjasama

# CARL SCHMIDT
Politik adalah suatu dunia yang didalamnya orang-orang lebih membuat keputusan – keputusan daripada lembaga-lembaga abstrak.

# LITRE
Politik didefinisikan sebagai ilmu memerintah dan mengatur negara

# ROBERT
Definisi politik adalah seni memerintah dan mengatur masyarakat manusia

# IBNU AQIL
Politik adalah hal-hal praktis yang lebih mendekati kemaslahatan bagi manusia dan lebih jauh dari kerusakan meskipun tidak digariskan oleh Rosulullah S.A.W

http://politicsandgovernmentscience.blogspot.com/2011/12/pengertian-dan-definisi-politik-menurut.html

Definisi Ilmu Politik Menurut Para Ahli

  1. Prof Miriam Budiarjo ilmu politik adalah bermacam-macam kegiatan dalam suatu sistim politik (negara) yang menyangkut menentukan tujuan-tujuan dari sistim itu dan melaksanakan tujuan-tujuan itu.
  2.  Seely dan Stephen leacock, ilmu politik merupakan ilmu yang serasi dalam menanggani pemerintahan
  3.  Paul Janet menyikapi ilmu politik sebagai ilmu yang mengatur perkembangan Negara begitu juga prinsip- prinsip pemerintahan 
  4. Johan Kaspar Bluntschli dalam buku The Teory of the State: “Ilmu Politik adalah ilmu yang memerhatikan masalah kenegaraan, dengan memperjuangkan pengertian dan pemahaman tentang negara dan keadaannya, sifat-sifat dasarnya, dalam berbagai bentuk atau manifestasi pembangunannya.” (The science which is concerned with the state, which endeavor to understand and comprehend the state in its conditions, in its essentials nature, in various forms or manifestations its development).
  5.  Roger F. Soltau dalam bukunya Introduction to Politics: “Ilmu Politik mempelajari negara, tujuan-tujuan negara dan lembaga-lembaga yang akan melaksanakan tujuan itu; hubungan antara negara dengan warganegaranya serta dengan negara-negara lain.” (Political science is the study of the state, its aims and purposes … the institutions by which these are going to be realized, its relations with its individual members, and other states …). 
  6. J. Barents dalam bukunya Ilmu Politika: “Ilmu politik adalah ilmu yang mempelajari kehidupan negara … yang merupakan bagian dari kehidupan masyarakat, ilmu politik mempelajari negara-negara itu dalam melaksanakan tugas-tugasnya.” 
  7. Ossip K. Flechtheim dalam buku Fundamentals of Political Science: “Ilmu politik adalah ilmu sosial yang khusus mempelajari sifat dan tujuan dari negara sejauh negara merupakan organisasi kekuasaan, beserta sifat dan tujuan dari gejala-gejala kekuasaan lain yang tak resmi, yang dapat memengaruhi negara.” (Political science is that specialized social science that studies the nature and purpose of the state so far as it is a power organization and the nature and purpose of other unofficial power phenomena that are apt to influence the state). 
  8. Sri Sumantri Politik adalah pelembagaan dari hubungan antar manusia yg dilembagakan dalam bermacam2 badan politik baik suprastruktur politik dan infrastruktur politik.
  9.  Cheppy hary cahyono politik adalah macam-macam kegiatan  dalam system politik atau  Negara yang menyangkut proses menentukan tujuan dan sekaligus melaksanakan tujuan-tujuan system itu.
  10. Inu kencana syafiie ilmu politik adalah kemahiran untuk mencukupi dan menyelengarakan keperluan maupun kepentingan bangsa dan Negara.
  11. Wirjono Projodikoro menyatakan bahwa “Sifat terpenting dari bidang politik adalah penggunaan kekuasaan oleh suatu golongan anggota masyarakat terhadap golongan lain. Dalam ilmu politik selalu ada kekuasaan atau kekuatan”.
  12.  Idrus Affandi mendefinisikan: “Ilmu politik ialah ilmu yang mempelajari kumpulan manusia yang hidup teratur dan memiliki tujuan yang sama dalam ikatan negara”.
  13.  Kosasih Djahiri dalam buku Ilmu Politik dan Kenegaraan: “Ilmu politik yang melihat kekuasaan sebagai inti dari politik melahirkan sejumlah teori mengenai cara memperoleh dan melaksanakan kekuasaan. Sebenarnya setiap individu tidak dapat lepas dari kekuasaan, sebab memengaruhi seseorang atau sekelompok orang dapat menampilkan laku seperti yang diinginkan oleh seorang atau pihak yang memengaruhi.”
  14.  Deliar Noer dalam buku Pengantar ke Pemikiran Politik: “Ilmu Politik memusatkan perhatian pada masalah kekuasaan dalam kehidupan bersama atau masyarakat. Kehidupan seperti ini tidak terbatas pada bidang hukum semata-mata, dan tidak pula pada negara yang tumbuhnya dalam sejarah hidup manusia relatif baru. Di luar bidang hukum serta sebelum negara ada, masalah kekuasaan itu pun telah pula ada. Hanya dalam zaman modern ini memanglah kekuasaan itu berhubungan erat dengan negara.” 
  15. Menurut Goodin dalam buku “A New Handbook of Political Science”, politik dapat diartikan sebagai penggunaan kekuasaan social secara paksa. Jadi, ilmu politik dapat diartikan sebagai sifat dan sumber paksaan itu serta cara menggunakan kekuasaan social dengan paksaan tersebut. 
  16. A. Kaplan dalam buku Power Society: “Ilmu Politik mempelajari pembentukan dan pembagian kekuasaan”, 
  17. Harold D. Laswell dalam buku Who gets What, When and How, Laswell menegaskan bahwa “Politik adalah masalah siapa, mendapat apa, kapan dan bagaimana.”
  18. W.A. Robson dalam buku The University Teaching of Social Sciences: “Ilmu Politik mempelajari kekuasaan dalam masyarakat, … yaitu sifat hakiki, dasar, proses-proses, ruang lingkup dan hasil-hasil. Fokus perhatian seorang sarjana ilmu politik … tertuju pada perjuangan untuk mencapai atau mempertahankan kekuasaan, melaksanakan kekuasaan atau pengaruh atas orang lain, atau menentang pelaksanaan kekuasaan itu.” (Political science is concerned with the study of power in society … its nature, basis, processes, scope and results. The focus of interest of the political scientist … centres on the struggle to gain or retain power, to exercise power of influence over other, or to resist that exercise). 
  19. Isjware Politik adalah perjuangan utk memperoleh kekuasaan / teknik menjalankan kekuasaan2 / masalah2 pelaksanaan dan kontrol kekuasaan / pembentukan dan penggunaan kekuasaan.
  20. Max weaber ilmu politik adalah kemampuan untuk membuat orang lain melakukan sesuatu yang tidak dikehendakinya.
  21. Aristoteles Politik adalah usaha yang ditempuh warga negara untuk mewujudkan kebaikan bersama 
  22. Hoogerwerf definisi dari ilmu politik adalah kebijakan pemerintah, proses terbentuknya, serta akibat-akibatnya.
  23. Joyce Mitchel dalam bukunya Political Analysis and Public Policy: “Politik adalah pengambilan keputusan kolektif atau pembuatan kebijakan umum untuk seluruh masyarakat.” (Politics is collective decision making or the making of public policies for an entire society).
  24. Karl W. Duetch dalam buku Politics and Government: How People Decide Their Fate: “Politik adalah pengambilan keputusan melalui sarana umum.” (Politics is the making of decision by public means). 
  25. David Easton dalam buku The Political System: “Ilmu politik adalah studi mengenai terbentuknya kebijakan umum.” Menurutnya “Kehidupan politik mencakup bermacam-macam kegiatan yang memengaruhi kebijakan dari pihak yang berwenang yang diterima oleh suatu masyarakat dan yang memengaruhi cara untuk melaksanakan kebijakan itu. Kita berpartisipasi dalam kehidupan politik jika aktivitas kita ada hubungannya dengan pembuatan dan pelaksanaan kebijakan untuk suatu masyarakat.” (Political life concerns all those varieties of activity that influence significantly the kind of authoritative policy adopted for a society and the way it is put into practice. We are said to be participating in political life when our activity relates in some way to the making and execution of policy for a society).
  26. Ramlan Surbakti ilmu Politik adalah interaksi antara pemerintah dan masyarakat, dalam rangka proses pembuatan dan pelaksanaan keputusan yang mengikat tentang kebaikan bersama masayarakat yang tinggal dalam suatu wilayah tertentu. 
  27. Miriam Budiarjo ilmu politik Merupakan suatu keputusan yang diambil oleh seorang pelaku atau oleh kelompok politik dalam usaha memilih tujuan-tujuan dan caa-cara untuk mencapai tujuan tersebut. Pada prinsipnya pihak yang membuat kebijsanaan tersebut memiliki kekuasaan untuk melaksanakannya. 
  28. menurut Germino,  politik sebagai “studi kritis tentang prinsip-prinsip pengaturan yang benar dalam eksistensi social manusia.
  29. Andrew Heywood: “Politik adalah kegiatan suatu bangsa yang bertujuan untuk membuat, mempertahankan , dan mengamandemenkan peraturan-peraturan umum yang mengatur kehidupannya, y ang berarti tidak dapat terlepas dari gejala konflik dan kerja sama.
  30. Rod Hague et al.: “politik adalah kegiatna yang menyangkut cara bagaimana kelompok-kelompok mencapai keputusankeputusan yang bersifat kolektif dan mengikat melalui usaha untuk mendamaikan perbedaan-perbedaan di antara anggota-anggotanya.
  31. G.A jacobsoen ilmu politik adalah ilmu dari Negara, berisi tentang:

a) hubungan indifidu dengan yang lainnya sejauh Negara mengatur

mereka lewat hokum

b) hubungan individu-individu atau kelompok dari individu-individu pada Negara

c) hubungan dengan Negara

http://child-island.blogspot.com/2010/12/definisi-ilmu-politik-menurut-para-ahli.html

Kesimpulan Politik & Ilmu Politik

Politik adalah sebuah alat, cara, rujuan dan kebutuhan hidup yang memiliki obyek, subyek, metodiologi, sistem, ciri, serta bersifat sangat jelas yang dapat diterima universal. Sedangkan Ilmu Politik adalah merupakan kegiatan dalam suatu sistim politik (negara) yang memiliki tujuan, serta kebijakan pemerintah, proses terbentuknya, bahkan akibat-akibatnya.

Fenomena Politik

Fenomena Politik Uang Saat Pilgub, Panwaslu Harus Maksimal Lakukan Pengawasan

Jakarta, Semakin lama modus politik uang semakin berkembang dan beragam. Menghadapi pemilihan gubernur (pilgub) DKI Jakarta yang digelar hari ini, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) DKI Jakarta diminta untuk bekerja maksimal mengawasi fenomena politik uang ini.

“Peran Panwaslu harus lebih maksimal melihat fenomena-fenomena yang terjadi,” harap peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW), Abdullah Dahlan, saat dihubungi detikcom, Selasa (10/7/2012).

Abdullah menilai, cara-cara yang tidak dibenarkan menurut undang-undang pasti terjadi saat pelaksanaan pemilihan umum, salah satunya praktik politik uang. Bahkan pada saat proses pemilihan tengah berlangsung sekalipun.

Tidak hanya menggunakan modus konvensional seperti serangan fajar, namun juga mempengaruhi pemilih saat pencoblosan dilakukan. Yang terbaru, yakni modus ‘pasca bayar’, dimana para pemilih harus menunjukkan bukti terlebih dahulu, baru mendapat uang.

“Saya kira modus seperti ini terjadi di daerah, jangan sampai terjadi di Jakarta. Di daerah lebih dominan di detik terakhir, basis pemilih yang rentan dipengaruhi oleh pilihan politik,” terang Abdullah.

Dalam mengawasi modus-modus ini, Panwaslu telah mengutarakan akan mengerahkan 801 pemantau, sedangkan Bawaslu mengerahkan 200 pemantau. Menurut Abdullah, jumlah ini lebih dari cukup untuk mengawasi pelaksanaan proses pencoblosan di sejumlah wilayah, yang rawan politik uang.

“Kalau 1.000 pemantau ini tersebar di beberapa TPS, harusnya mereka konsen mengawasi titik kritis,” tandasnya.

(nvc/mad)

http://news.detik.com/read/2012/07/11/082540/1962604/10/fenomena-politik-uang-saat-pilgub-panwaslu-harus-maksimal-lakukan-pengawasan

Categories: Tak Berkategori | 1 Komentar

Navigasi pos

One thought on “Alvian Dwiguntara Putra – 125120502111001

  1. Ping-balik: DAFTAR NAMA KELAS (A.POL.1) « The First Political Class

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: